Puasa Tetap Fit Dengan Nutrishake

Ga terasa ya, puasa hari ini sudah sampai di 10 hari terakhir Ramadhan. Gimana kabarnya puasa kamu? Sudah turun berapa kilo? Atau malah naik berat badannya?

Kalo yang terakhir jawabannya ya, pasti ada yang salah dengan pola makan kamu selama puasa. Kenapa pola makan? Karena pola makan sangat besar pengaruhnya terhadap metabolisme tubuh yang pada akhirnya bisa menyebabkan turun atau naiknya berat badan kita.

Contoh gampangnya saya aja nih. Kebiasaan saya dulu kalo sahur  selalu minum teh manis hangat. Rasanya ada yang kurang lengkap kalo sajian yang satu itu ga ada di meja makan. Lalu menu untuk buka puasa selalu beraneka macam mulai dari gorengan, kolak, es buah atau es kelapa. Belum lagi makanan utamanya seperti nasi lengkap dengan lauk pauknya.

Akibatnya, di akhir Ramadhan timbangan berat badan saya sudah dipastikan melonjak naik 2-3 kg.  Jadi ga heran kalo setelah berpuasa satu bulan penuh saya malah makin gemuk. Habis itu baru deh kelimpungan diet supaya bisa kurus lagi hehehe.

Selain menjadi lebih gemuk, selama berpuasa saya mudah sekali mengantuk. Badan terasa lemas tidak bertenaga. Padahal aktivitas saya lumayan banyak, mulai dari mengantar jemput anak-anak sekolah, berbelanja ke pasar, masak, cuci, nyapu ngepel dan pekerjaan rumah lainnya. Semua saya kerjakan sendiri. Belum lagi mengerjakan bisnis online di rumah. Saya sering tertidur saat bekerja di depan komputer saking lelahnya.

Rupanya itu karena makanan atau minuman manis yang saya makan. Gula dan juga nasi termasuk jenis karbohidrat sederhana yang mudah sekali diserap darah, sehingga cepat memberikan  efek berenergi sementara tetapi sekaligus cepat menurunkannya juga. Akibatnya tubuh akan terasa lemas, mudah mengantuk dan cepat lapar.

Tapi itu dulu loh. Sekarang lain lagi ceritanya.

Sejak saya rajin mengkonsumsi nutrishake dan mengatur pola makan sesuai aturan Food Combining, saya bisa menjaga berat badan dan tetap fit mengerjakan semua pekerjaan walaupun sedang berpuasa.

nutrishake strawberry

Kenapa nutrishake? Karena nutrishake merupakan makanan pelengkap rendah kalori dengan kandungan gizi lengkap yang saya butuhkan untuk menjaga kesehatan dan mempertahankan berat badan ideal. Selaian itu juga mengandung serat makanan yang dapat menahan rasa kenyang lebih lama.

Gimana bisa puasa tetap fit dengan nutrishake? Berikut ini tipsnya.

Awali sahur dengan meminum campuran air hangat dan air perasan jeruk nipis atau jeruk lemon. Cairan ini berfungsi sebagai tonik untuk liver yang telah bekerja berat selama kita tidur.

Kalo biasanya saya minum teh manis hangat, sekarang saya ganti dengan minum 1 porsi nutrishake favorit saya, yaitu rasa stroberi. Kalo lagi rajin, saya biasa mencampur nutrishake dengan jus buah. Tapi kalo lagi males, diminum begitu aja nutrishake tuh udah enak ko 🙂 Setelah itu baru makan sedikit nasi dan banyak sayuran.

Kemudian saat berbuka, masih belum bisa meninggalkan teh manis hangat tetapi takaran gulanya sudah mulai dikurangi 🙂 Setelah minum teh manis 2-3 teguk dilanjutkan dengan makan kurma barang 2-3 butir. Habis itu sholat magrib dulu supaya perut ga kaget saat memproses makanan setelah seharian penuh berpuasa.

Sambil nunggu shalat isya dan tarawih, minum lagi 1 porsi nutrishake. Masih suka minum es buah atau makan kolak atau gorengan, tetapi tidak makan terlalu banyak karena sudah kenyang dengan nutrishake.

Setelah selesai tarawih baru deh makan makanan utama yang terdiri dari menu protein yaitu sayuran dan protein hewani, biasanya daging ayam atau ikan; atau menu karbohidrat yaitu nasi dengan sayuran dan protein nabati, berupa tahu atau tempe.

Setelah menerapkan pola makan sesuai aturan Food Combining dan dibarengi dengan konsumsi nutrishake baik saat sahur maupun berbuka, ibadah puasa tetap lancar saya pun tetap fit menjalankan berbagai aktvitas sepanjang hari.

 

dbcn sehat berduit

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *